Konfercab XV PC PMII Tuban 2017, Habib Musthofah Terpilih Jadi Ketua Baru/Foto: Istimewa
PC PMII Tuban - Habib Musthofah, kader dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Makdum Ibrahim Tuban, akhirnya terpilih sebagai ketua baru Pengurus Cabang (PC) PMII Tuban Masa Khidmat 2017-2018.

Pria yang berasal dari Desa Karangagung, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban berhasil mengalahkan dua pesaingnya yaitu Makdum Mihadin dari Komisariat Unirow dan Andik Prasetyo dari Komisariat Sunan Bonang Tuban.

“Alhamdulillah PC PMII Tuban kini memiliki ketua baru hasil dari Konferensi Cabang (Konfercab) ke XV sejak hari Sabtu (15/07/2017) kemarin,” ujar Ketua Panitia Konfercab PMII 2017, Juremi.

Konfercab XV kali ini bertujuan untuk memulihkan kepercayaan kader terhadap pemimpin dengan mengembalikan integritas dan semangat baru. Terpilihnya pemimpin baru diharapkan dapat menjaga kesatuan dan melindungi bangsa serta negara dari perpecahan, terutama di Kabupaten Tuban.

Pengurus Koordinator Cabang (PKC) PMII Jawa Timur, Haris Sofwanul Fakih, berharap agar ketua cabang yang baru bisa mengajak para kader untuk tidak terlalu larut dalam masalah dan konflik yang terjadi. Selain itu, diharapkan tidak ada dualisme kepemimpinan yang dapat menyebabkan perpecahan akibat perbedaan pendapat.

Setelah Konfercab, pemenang harus mempersiapkan segala sesuatu untuk menata PMII agar lebih baik ke depannya. Bagi yang kalah, jangan terlalu berlarut-larut, mari kita sambut masa depan bersama dengan harapan PMII semakin jaya.

“Semua kader PMII harus mengikuti proses dan harus memiliki keyakinan gerakannya masuk dalam catatan sejarah,” harapnya.

Ketua baru diharapkan dapat membuat gebrakan, refleksi, dan strategi efektif untuk mempertahankan eksistensi pergerakan dalam perjuangan mengabdi kepada negeri. Selain itu, ia harus menjaga keutuhan NKRI dan selalu menjunjung tinggi ajaran Islam Aswaja guna membumikan Islam Nusantara sebagai wujud kebhinekaan di Indonesia.

Ketua cabang terpilih, Habib Musthofah, juga berharap dan mengajak semua kader dan pihak terkait untuk duduk bersama dalam menanggapi berbagai persoalan yang terjadi di republik ini. Ia berharap PMII Tuban ke depannya dapat memberikan solusi yang efektif.

“Utamanya dalam menanggapi berbagai permasalahan dan isu yang terjadi di Negeri kita tercinta ini,” tegasnya.

Perlu diketahui, Konfercab dengan tema "Revitalisasi Kader PMII untuk Eksistensi dalam Meneguhkan Kebhinekaan" diadakan di Aula Kantor PCNU Tuban yang terletak di Jalan Diponegoro Tuban. Habib Mustofa menggantikan Khilyatun Nafisah yang sebelumnya menjabat sebagai ketua PC PMII Tuban masa khidmat 2016-2017.