Aksi Simbolik, PC PMII Tuban Beri Raport Merah 43 DPRD Yang Bolos Rapat. (Foto: PMII Tuban).

PC PMII TUBAN - Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Tuban menggelar aksi simbolik dengan membentangkan poster berisi kritikan di depan Kantor DPRD Kabupaten Tuban pada Jumat (02/08/2024).

Aksi simbolik tersebut sebagai respon terhadap fenomena bolosnya 43 anggota DPRD Kabupaten Tuban dalam rapat gabungan komisi-komisi bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban untuk membahas Kebijakan Umum Anggaran-Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) tahun 2025.

Dari rapat gabungan tersebut hanya 7 anggota DPRD Tuban yang hadir dari total keseluruhan 50 anggota.

Ketua Cabang PMII Tuban, Ahmad Wafa Amrillah, merasa kecewa dan menilai bahwa anggota DPRD yang menjelang akhir masa jabatannya hanya mengambil keuntungan saja, sehingga menurutnya mereka lalai dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai wakil rakyat.

"Ini merupakan bentuk kekecewaan kita sebagai mahasiswa, serta masyarakat Tuban dengan melihat para wakil kita yang menduduki jabatan di DPRD Tuban, yang seakan-akan menjalankan tugas di menjelang purna hanya sebagai sampingan saja," katanya.

Aksi Simbolik, PC PMII Tuban Beri Raport Merah 43 DPRD Yang Bolos Rapat. (Foto: PMII Tuban).

Dalam aksi tersebut, juga dilakukan pemberian raport merah yang diterima oleh perwakilan dari sekretariat DPRD Tuban.

"Raport merah itu isinya daftar 43 anggota dewan, kita tulis semua, biar harus ada tindak tegas terhadap anggota dewan yang seenaknya sendiri ketika ada rapat," jelasnya.

Wafa berharap kejadian serupa tidak terulang kembali karena menurutnya, tugas utama anggota dewan adalah menghadiri rapat-rapat untuk kepentingan rakyat.

"Semoga tidak terulang kembali, dan kami akan terus tetap mengawal," harapnya.

Ketua PC PMII Tuban juga meminta pihak terkait memberikan sanksi kepada anggota dewan yang tidak hadir dalam rapat-rapat tertentu agar lebih disiplin.

"Harus ada ketegasan, minimal ada sanksi atau sejenisnya yang bisa membuat efek jera," tutupnya.

Ini juga harus menjadi rambu-rambu bagi anggota DPRD Tuban yang baru terpilih untuk sungguh-sungguh melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.